Menggunakan Fungsi
Fungsi sebenarnya adalah rumus yang sudah disediakan
oleh Microsoft Excel, yang akan membantu dalam proses perhitungan. kita tinggal
memanfaatkan sesuai dengan kebutuhan. Pada umumnya penulisan fungsi harus
dilengkapi dengan argumen, baik berupa angka, label, rumus, alamat sel atau
range. Argumen ini harus ditulis dengan diapit tanda kurung ().
Beberapa Fungsi yang sering digunakan:
1.
Fungsi Average(…)
Fungsi ini digunakan untuk mencari nilai rata-rata
dari sekumpulan data(range). Bentuk
umum penulisannya adalah =AVERAGE(number1,number2,…), dimana
number1, number2, dan seterusnya adalah range data yang akan dicari nilai
rata-ratanya.
2. Fungsi Logika IF(…)
Fungsi ini digunakan jika data yang dimasukkan
mempunyai kondisi tertentu. Misalnya, jika nilai sel A1=1, maka hasilnya 2,
jika tidak, maka akan bernilai 0. Biasanya fungsi ini dibantu oleh operator
relasi (pembanding) seperti berikut ;
Lambang
|
Fungsi
|
=
|
Sama dengan
|
<
|
Lebih kecil
dari
|
>
|
Lebih besar
dari
|
<=
|
Lebih kecil atau sama dengan
|
>=
|
Lebih besar atau sama dengan
|
<>
|
Tidak sama
dengan
|
3. Fungsi Max(…)
Fungsi ini digunakan
untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data (range). Bentuk umum
penulisannya adalah =MAX(number1,number2,…),
dimana number1, number2, dan seterusnya adalah range data (numerik) yang akan
dicari nilai tertingginya.
4. Fungsi Min(…)
Sama halnya dengan fungsi max, bedanya fungsi min
digunakan untuk mencari nilai terendah dari sekumpulan data numerik.
5. Fungsi Sum(…)
Fungsi SUM digunakan
untuk menjumlahkan sekumpulan data pada suatu range. Bentuk umum penulisan
fungsi ini adalah =SUM(number1,number2,…).
Dimana number1, number2 dan seterusnya adalah range data yang akan dijumlahkan.
6. Fungsi Left(…)
Fungsi left digunakan
untuk mengambil karakter pada bagian sebelah kiri dari suatu teks. Bentuk umum
penulisannya adalah =LEFT(text,num_chars).
Dimana text adalah data yang akan diambil sebagian karakternya dari sebelah
kiri, num_chars adalah jumlah karakter yang akan diambil.
7. Fungsi Mid(…)
Fungsi ini digunakan
untuk mengambil sebagian karakter bagian tengah dari suatu teks. Bentuk umum
pemakaian fungsi ini adalah =MID(text,start_num,num_chars).
Artinya mengambil sejumlah karakter mulai dari start_num, sebanyak num_char.
8. Fungsi Right(…)
SELAMAT DATANG DI PANTAI LAGUNA SAMUDRA |
9. Fungsi HLOOKUP dan
VLOOKUP
Fungsi HLOOKUP dan
VLOOKUP digunakan untuk membaca suatu tabel secara horizontal (VLOOKUP) atau
secara vertikal (VLOOKUP). Bentuk umum penulisan fungsi ini adalah :
=HLOOKUP(Lookup_value,
Table_array, Row_index_num,…)
=VLOOKUP(Lookup_value,
Table_array, Col_index_num,…)
Dari rumus diatas, dapat
dilihat bahwa bedanya hanya pada nomor indeksnya saja, kalau kita pakai
HLOOKUP, maka digunakan nomor indeks baris (Row_index_num), tapi kalu pakai
VLOOKUP digunakan nomor indeks kolom (Col_index_num). Nomor indeks adalah angka
untuk menyatakan posisi suatu kolom/baris dalam tabel yang dimulai dengan nomor
1 untuk kolom/baris pertama dalam range data tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar